0
Home  ›  Beranda  ›  english 9  ›  perangkat  ›  tahap pembelajaran

Perangkat | Langkah Pembelajaran | Describe Place | English 9 | Meeting 3 | 9/8/2024

LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN 

Tahap 1: Pre-Writing (Persiapan Menulis)

A. Pengantar Topik
1. Guru memberikan pengantar tentang jembatan terkenal di Papua, misalnya Jembatan Youtefa di Jayapura atau Jembatan Holtekamp.
2. Guru menampilkan gambar tentang jembatan tersebut dan mendiskusikan informasi dasar seperti lokasi, panjang, desain, dan peranannya.

B. Brainstorming
1  Siswa diajak untuk memikirkan kata-kata atau frasa yang berkaitan dengan jembatan, seperti "modern design," "connection," "cable-stayed," atau "landmark."
2. Siswa membuat mind map atau daftar poin-poin penting yang akan mereka masukkan dalam deskripsi mereka.

C. Research | Siswa mencari informasi tambahan tentang jembatan yang akan mereka deskripsikan, seperti sejarah pembangunannya, bahan yang digunakan, dan dampak sosial atau ekonominya.

Tahap 2: Drafting (Menyusun Draf)

A. Menulis Paragraf Pembuka | Siswa menulis paragraf pertama yang memperkenalkan jembatan, mencakup nama, lokasi, dan gambaran umum.

B. Menulis Paragraf Tubuh | Siswa menulis 2-3 paragraf yang memberikan detail lebih mendalam, seperti:
1. Desain dan Struktur | Jelaskan jenis jembatan, bahan, dan teknik konstruksi yang digunakan.
2. Fungsi dan Manfaat | Deskripsikan peran jembatan dalam menghubungkan wilayah, mempermudah transportasi, dan dampaknya terhadap ekonomi lokal.
3. Keunikan dan Keindahan | Siswa dapat menulis tentang fitur khusus atau keindahan estetika jembatan yang membuatnya menonjol.

C. Menulis Paragraf Penutup | Siswa merangkum deskripsi mereka dan memberikan pandangan pribadi atau kesimpulan tentang pentingnya jembatan.

Tahap 3: Revising (Merevisi)

A. Mengecek Struktur dan Tata Bahasa:
1. Siswa memeriksa paragraf mereka untuk memastikan kalimat-kalimat tersusun dengan baik dan tidak ada kesalahan tata bahasa.
2  Guru bisa memberikan contoh bagaimana memperbaiki kalimat yang kurang jelas atau terlalu panjang.

B. Menggunakan Adjektiva dan Transisi:
1  Siswa menambahkan adjektiva yang tepat untuk memperkuat deskripsi, seperti "majestic," "impressive," atau "innovative."
2. Pastikan juga penggunaan kata transisi seperti "in addition," "furthermore," "on the other hand" untuk membuat tulisan lebih koheren.

Tahap 4: Editing (Mengedit)

A  Memeriksa Ulang Poin Penting | Siswa memeriksa kembali apakah semua informasi penting tentang jembatan sudah termasuk dan tidak ada detail yang terlewat.

B. Memeriksa Ejaan dan Tanda Baca | Siswa memeriksa ejaan kata-kata sulit, seperti nama tempat atau istilah teknik, dan memastikan tanda baca digunakan dengan benar.

Tahap 5: Publishing (Mempublikasikan)

A. Menulis Salinan Akhir | Siswa menulis ulang atau mengetik salinan akhir deskripsi mereka setelah semua revisi dan editing selesai.

B. Presentasi | Siswa dapat mempresentasikan deskripsi mereka di depan kelas atau dalam kelompok kecil, dan mendiskusikan apa yang telah mereka pelajari tentang jembatan di Papua.

C. Peer Review | Siswa juga bisa saling bertukar tulisan dan memberikan umpan balik satu sama lain untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka.

🌻🌻🌻🌻🌻
By Alfanancy
🌻🌻🌻🌻🌻
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS