English | Modul Ajar | Simple Present Tense | Nominal Sentence | 7 ICO | Friday | 15/11/2024
Modul Ajar Bahasa Inggris
Kelas : 7
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi : Simple Present Tense (Kalimat Nominal)
Durasi : 3 JP x 35 menit (1 kali pertemuan)
Pengajar : Aniwati, S.Pd.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian Simple Present Tense dalam bentuk kalimat nominal.
2. Mengidentifikasi penggunaan “to be” (am, is, are) dalam kalimat nominal.
3. Menyusun kalimat nominal positif, negatif, dan interogatif dalam Simple Present Tense dengan benar.
4. Mengaplikasikan Simple Present Tense dalam kalimat nominal yang berkaitan dengan deskripsi diri dan orang lain.
B. Alur Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, memimpin doa, dan memeriksa kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
Guru memberikan apersepsi dengan bertanya: “Bagaimana cara mendeskripsikan diri atau orang lain dalam bahasa Inggris?”
2. Kegiatan Inti (90 menit)
Langkah 1: Pengenalan Simple Present Tense (20 menit)
Guru menjelaskan definisi Simple Present Tense dalam bentuk kalimat nominal, yaitu bentuk kalimat yang menyatakan fakta atau kondisi tetap.
Guru menjelaskan penggunaan kata kerja bantu “to be” (am, is, are) berdasarkan subjek:
“am” untuk subjek “I”
“is” untuk subjek “he, she, it”
“are” untuk subjek “you, we, they”
Guru memberikan contoh kalimat nominal positif: “She is a student,” “They are friends.”
Langkah 2: Latihan Membuat Kalimat Nominal Positif (20 menit)
Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil.
Setiap kelompok diminta untuk membuat 5 kalimat nominal positif menggunakan “to be” sesuai subjek yang diberikan.
Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk membacakan hasil kerja mereka dan memberikan umpan balik.
Langkah 3: Kalimat Negatif dalam Simple Present Tense (20 menit)
Guru menjelaskan cara mengubah kalimat positif menjadi negatif dengan menambahkan “not” setelah “to be.”
Guru memberikan contoh, misalnya: “He is not a doctor,” “They are not my friends.”
Siswa berlatih membuat kalimat negatif berdasarkan kalimat yang sudah mereka buat di langkah sebelumnya.
Langkah 4: Kalimat Interogatif dalam Simple Present Tense (20 menit)
Guru menjelaskan cara mengubah kalimat nominal menjadi bentuk interogatif dengan memindahkan “to be” ke awal kalimat.
Guru memberikan contoh kalimat tanya: “Is she a teacher?” “Are they your friends?”
Siswa berlatih membuat pertanyaan berdasarkan kalimat positif yang telah dibuat sebelumnya.
Siswa berlatih tanya jawab dengan teman sekelompok menggunakan kalimat interogatif.
3. Penutup (10 menit)
Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari tentang Simple Present Tense dalam bentuk kalimat nominal.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan kesulitan mereka.
Guru menutup pembelajaran dengan memberikan tugas singkat untuk latihan lebih lanjut, yaitu menyusun paragraf pendek tentang diri sendiri atau keluarga menggunakan Simple Present Tense.
C. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Simple Present Tense (Kalimat Nominal)
Simple Present Tense digunakan untuk menyatakan kondisi, identitas, atau kebenaran umum yang bersifat tetap atau berulang.
2. Penggunaan To Be dalam Simple Present Tense
am digunakan dengan subjek “I.”
is digunakan dengan subjek “he, she, it.”
are digunakan dengan subjek “you, we, they.”
3. Contoh Kalimat Nominal dalam Simple Present Tense
Positif: “She is a teacher.”
Negatif: “He is not a doctor.”
Interogatif: “Are they students?”
D. Penilaian
1. Penilaian Formatif
Latihan menyusun kalimat positif, negatif, dan interogatif dengan menggunakan Simple Present Tense.
Tanya jawab sederhana dalam kelompok menggunakan bentuk kalimat nominal.
2. Penilaian Sumatif
Tugas menulis paragraf singkat tentang diri sendiri atau keluarga yang menggunakan Simple Present Tense kalimat nominal.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
Buku pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7
Lembar kerja siswa (LKS)
Papan tulis dan spidol
By Aniwati