0
Home  ›  7 ICO  ›  Beranda  ›  English  ›  Modul Ajar  ›  Writing

Modul Ajar | Bahasa Inggris | Simple Present Tense | 7 ICO | Monday | 3/2/2025

MODUL AJAR

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas: 7
Materi: Penggunaan To Be dalam Simple Present Tense
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit
Tanggal: 3 Februari 2025


A. INFORMASI UMUM

  • Nama Guru: Aniwati
  • Sekolah: SMP Muhammadiyah 6 Krian
  • Fase: D (Sesuai Kurikulum Merdeka)
  • Kurikulum: Merdeka

B. KOMPETENSI DASAR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Memahami fungsi dan penggunaan to be (am, is, are) dalam Simple Present Tense.
  2. Menggunakan to be dalam kalimat positif, negatif, dan interogatif.
  3. Menganalisis contoh kalimat dalam teks dan menyusun kalimat sendiri.

2. Capaian Pembelajaran

  • Siswa mampu mengidentifikasi to be dalam kalimat.
  • Siswa dapat menulis dan mengubah kalimat positif menjadi negatif dan interogatif.
  • Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan.

C. KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

Metode: Tanya jawab, apersepsi
📌 Langkah-langkah:

  1. Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa.
  2. Guru bertanya, “Siapa yang tahu kata kerja ‘to be’ dalam bahasa Inggris?”
  3. Guru menampilkan gambar infografis penggunaan to be (am, is, are).
  4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

Metode: Diskusi, latihan individu, kerja kelompok

A. Pemahaman Konsep (20 menit)

📌 Langkah-langkah:

  1. Guru menjelaskan fungsi to be dalam Simple Present Tense:
    • Am digunakan untuk I.
    • Is digunakan untuk he, she, it dan kata benda tunggal.
    • Are digunakan untuk you, we, they dan kata benda jamak.
  2. Guru memberi contoh kalimat positif, negatif, dan interogatif.
  3. Guru menanyakan beberapa contoh kepada siswa dan membahas jawabannya.

B. Latihan Individu (20 menit)

📌 Tugas Siswa:

  • Siswa melengkapi teks rumpang dengan to be yang benar.
  • Siswa mengubah kalimat positif menjadi negatif dan interogatif.
  • Contoh soal:
    1. My best friend ___ very kind. (is)
    2. The teachers ___ in the classroom. (are)
    3. She ___ not in the library. (is not)
    4. ___ you a student? (Are)

C. Diskusi dan Presentasi (20 menit)

📌 Langkah-langkah:

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
  2. Setiap kelompok membuat 5 kalimat menggunakan to be dalam bentuk positif, negatif, dan interogatif.
  3. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
  4. Guru memberikan umpan balik dan penjelasan tambahan.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)

Metode: Refleksi, evaluasi
📌 Langkah-langkah:

  1. Guru meminta siswa menyebutkan kembali aturan penggunaan to be.
  2. Guru memberikan kuis cepat (5 soal pilihan ganda).
  3. Guru memberikan tugas rumah:
    • Membuat paragraf pendek tentang diri sendiri menggunakan to be.
  4. Guru menyimpulkan pembelajaran dan memberikan motivasi.

D. PENILAIAN (ASSESSMENT)

1. Penilaian Formatif

✔️ Observasi: Keaktifan siswa dalam diskusi dan latihan.
✔️ Tes Tertulis: Soal latihan melengkapi kalimat.

2. Penilaian Sumatif

✔️ Tugas Mandiri: Menulis paragraf menggunakan to be.
✔️ Presentasi Kelompok: Menyusun dan menjelaskan kalimat dengan to be.


E. SUMBER BELAJAR

📖 Buku Referensi:

  • Buku teks Bahasa Inggris Kelas 7
  • Infografis tentang To Be dalam Simple Present Tense

🎥 Media Pendukung:

  • Gambar infografis penggunaan to be
  • PowerPoint penjelasan konsep to be

F. REFLEKSI GURU

✍️ Catatan: Setelah pelaksanaan pembelajaran, guru dapat mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan dan menyesuaikan strategi untuk pertemuan berikutnya.

______________________________

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS