Modul Ajar | Bahasa Inggris | Simple Present Tense | 7 ICO | Monday | 3/2/2025
MODUL AJAR
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas: 7
Materi: Penggunaan To Be dalam Simple Present Tense
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit
Tanggal: 3 Februari 2025
A. INFORMASI UMUM
- Nama Guru: Aniwati
- Sekolah: SMP Muhammadiyah 6 Krian
- Fase: D (Sesuai Kurikulum Merdeka)
- Kurikulum: Merdeka
B. KOMPETENSI DASAR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Memahami fungsi dan penggunaan to be (am, is, are) dalam Simple Present Tense.
- Menggunakan to be dalam kalimat positif, negatif, dan interogatif.
- Menganalisis contoh kalimat dalam teks dan menyusun kalimat sendiri.
2. Capaian Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi to be dalam kalimat.
- Siswa dapat menulis dan mengubah kalimat positif menjadi negatif dan interogatif.
- Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang diberikan.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
⏳ Metode: Tanya jawab, apersepsi
📌 Langkah-langkah:
- Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa.
- Guru bertanya, “Siapa yang tahu kata kerja ‘to be’ dalam bahasa Inggris?”
- Guru menampilkan gambar infografis penggunaan to be (am, is, are).
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
⏳ Metode: Diskusi, latihan individu, kerja kelompok
A. Pemahaman Konsep (20 menit)
📌 Langkah-langkah:
- Guru menjelaskan fungsi to be dalam Simple Present Tense:
- Am digunakan untuk I.
- Is digunakan untuk he, she, it dan kata benda tunggal.
- Are digunakan untuk you, we, they dan kata benda jamak.
- Guru memberi contoh kalimat positif, negatif, dan interogatif.
- Guru menanyakan beberapa contoh kepada siswa dan membahas jawabannya.
B. Latihan Individu (20 menit)
📌 Tugas Siswa:
- Siswa melengkapi teks rumpang dengan to be yang benar.
- Siswa mengubah kalimat positif menjadi negatif dan interogatif.
- Contoh soal:
- My best friend ___ very kind. (is)
- The teachers ___ in the classroom. (are)
- She ___ not in the library. (is not)
- ___ you a student? (Are)
C. Diskusi dan Presentasi (20 menit)
📌 Langkah-langkah:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
- Setiap kelompok membuat 5 kalimat menggunakan to be dalam bentuk positif, negatif, dan interogatif.
- Perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik dan penjelasan tambahan.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
⏳ Metode: Refleksi, evaluasi
📌 Langkah-langkah:
- Guru meminta siswa menyebutkan kembali aturan penggunaan to be.
- Guru memberikan kuis cepat (5 soal pilihan ganda).
- Guru memberikan tugas rumah:
- Membuat paragraf pendek tentang diri sendiri menggunakan to be.
- Guru menyimpulkan pembelajaran dan memberikan motivasi.
D. PENILAIAN (ASSESSMENT)
1. Penilaian Formatif
✔️ Observasi: Keaktifan siswa dalam diskusi dan latihan.
✔️ Tes Tertulis: Soal latihan melengkapi kalimat.
2. Penilaian Sumatif
✔️ Tugas Mandiri: Menulis paragraf menggunakan to be.
✔️ Presentasi Kelompok: Menyusun dan menjelaskan kalimat dengan to be.
E. SUMBER BELAJAR
📖 Buku Referensi:
- Buku teks Bahasa Inggris Kelas 7
- Infografis tentang To Be dalam Simple Present Tense
🎥 Media Pendukung:
- Gambar infografis penggunaan to be
- PowerPoint penjelasan konsep to be
F. REFLEKSI GURU
✍️ Catatan: Setelah pelaksanaan pembelajaran, guru dapat mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan dan menyesuaikan strategi untuk pertemuan berikutnya.
______________________________