0
Home  ›  Beranda  ›  kelas 8P  ›  Modul Ajar  ›  SMP Meka

Modul Ajar | TIK | Kelas 8 | Meeting 2 | SMP Meka | 25/7/2025


Modul Ajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pertemuan Kedua untuk kelas 8 Semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka (Deep Learning) Tahun Pelajaran 2025/2026.
Durasi: 2 x 34 menit (68 menit)
Guru: Aniwati, S.Pd
Satuan Pendidikan: SMP Muhammadiyah 6 Krian


Modul Ajar TIK Pertemuan Kedua

A. Informasi Umum

Komponen Keterangan
Nama Guru Aniwati, S.Pd
Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Kelas/Semester 8 / Ganjil
Tahun Ajaran 2025/2026
Alokasi Waktu 2 x 34 menit (68 menit)
Topik Etika dan Keamanan Digital (Digital Etiquette & Safety)
Sub Topik Menjaga Keamanan Data Pribadi dan Etika Komunikasi Digital

B. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pentingnya menjaga keamanan data pribadi di internet.
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis data pribadi yang harus dijaga.
  3. Menganalisis contoh perilaku etis dan tidak etis dalam komunikasi digital.
  4. Menerapkan etika dan keamanan digital dalam aktivitas daring sehari-hari.

C. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Terkait

Tahapan Tujuan Pembelajaran
Pemahaman Konsep Siswa memahami konsep dasar keamanan data dan etika komunikasi di ruang digital.
Analisis Siswa dapat mengidentifikasi risiko dan contoh pelanggaran etika digital.
Aplikasi Siswa mampu menerapkan prinsip etika dan menjaga keamanan data saat menggunakan internet.

D. Profil Pelajar Pancasila

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
  • Bernalar kritis
  • Bertanggung jawab
  • Berkebinekaan global (dalam ruang digital)

E. Sarana dan Prasarana

  • Perangkat proyektor dan laptop
  • Koneksi internet
  • Lembar kerja peserta didik (LKS)
  • Platform daring (misal: Google Form, Padlet atau Quizizz)

F. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)

  • Salam dan doa pembuka.
  • Apersepsi: Diskusi singkat dengan pertanyaan pemantik:
    "Pernahkah kalian mendapat pesan yang tidak sopan di media sosial? Bagaimana perasaanmu?"
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti (50 menit)

Tahapan Aktivitas
Eksplorasi (15 menit) Guru menjelaskan pentingnya menjaga data pribadi dan mengenalkan jenis data pribadi (alamat, nomor HP, foto, akun media sosial). Dilanjutkan dengan tayangan video singkat “Etika & Keamanan Digital”.
Elaborasi (20 menit) Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok menganalisis studi kasus (diberikan dalam LKS), lalu mendiskusikan:
- Apa masalah yang terjadi?
- Pelanggaran etika apa yang terjadi?
- Bagaimana solusi terbaiknya?
Konfirmasi (15 menit) Presentasi hasil diskusi. Guru memberikan penguatan konsep dan klarifikasi.
Dilanjutkan dengan kuis cepat melalui Quizizz atau Google Form (10 soal pilihan ganda).

Penutup (8 menit)

  • Refleksi bersama: Apa hal baru yang kamu pelajari hari ini?
  • Penugasan: Siswa membuat poster digital bertema “Jagalah Data Pribadimu” (dikirimkan via WhatsApp atau Google Classroom).
  • Doa dan penutup.

G. Penilaian

1. Teknik Penilaian

Aspek Teknik Instrumen
Pengetahuan Tes formatif (kuis) 10 soal pilihan ganda
Keterampilan Proyek poster digital Rubrik penilaian karya digital
Sikap Observasi selama diskusi Lembar observasi etika komunikasi

2. Contoh Soal Kuis

  1. Contoh data pribadi yang harus dijaga, kecuali...

    • a. Nomor telepon
    • b. Alamat rumah
    • c. Nama hewan peliharaan
    • d. Akun email
  2. Jika menerima pesan tidak sopan di media sosial, sebaiknya...

    • a. Dibalas dengan marah
    • b. Disebarluaskan ke teman
    • c. Diabaikan dan dilaporkan
    • d. Disimpan untuk dibaca ulang

(Total 10 soal — disediakan pada LKS lengkap di bawah)


H. Lembar Kerja Peserta Didik (LKS)

Tugas Diskusi Kelompok

Studi Kasus 1: “Seorang siswa memposting foto temannya tanpa izin ke media sosial lalu menambahkan komentar yang tidak pantas.”

Diskusikan:

  1. Apa yang salah dari tindakan tersebut?
  2. Apa dampaknya bagi yang difoto?
  3. Bagaimana seharusnya kita bertindak?

(3 studi kasus serupa lainnya disediakan di versi cetak PDF)


I. Rubrik Penilaian Poster Digital

Kriteria Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1
Kreativitas Sangat menarik dan inovatif Cukup menarik Kurang menarik Tidak menarik
Ketepatan pesan Sangat tepat dan sesuai Cukup sesuai Kurang sesuai Tidak sesuai
Kerapian desain Sangat rapi dan proporsional Cukup rapi Kurang rapi Tidak rapi
Total Skor Maksimum 12 poin

J. Refleksi Guru

Guru melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan keterlibatan siswa. Catatan hasil refleksi dapat digunakan untuk perbaikan pertemuan selanjutnya.



Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS