Modul Ajar | TIK | Kelas 8 | Meeting 2 | SMP Meka | 25/7/2025
Modul Ajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pertemuan Kedua untuk kelas 8 Semester 1 sesuai Kurikulum Merdeka (Deep Learning) Tahun Pelajaran 2025/2026.
Durasi: 2 x 34 menit (68 menit)
Guru: Aniwati, S.Pd
Satuan Pendidikan: SMP Muhammadiyah 6 Krian
Modul Ajar TIK Pertemuan Kedua
A. Informasi Umum
| Komponen | Keterangan |
|---|---|
| Nama Guru | Aniwati, S.Pd |
| Mata Pelajaran | TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) |
| Kelas/Semester | 8 / Ganjil |
| Tahun Ajaran | 2025/2026 |
| Alokasi Waktu | 2 x 34 menit (68 menit) |
| Topik | Etika dan Keamanan Digital (Digital Etiquette & Safety) |
| Sub Topik | Menjaga Keamanan Data Pribadi dan Etika Komunikasi Digital |
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan pentingnya menjaga keamanan data pribadi di internet.
- Mengidentifikasi jenis-jenis data pribadi yang harus dijaga.
- Menganalisis contoh perilaku etis dan tidak etis dalam komunikasi digital.
- Menerapkan etika dan keamanan digital dalam aktivitas daring sehari-hari.
C. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Terkait
| Tahapan | Tujuan Pembelajaran |
|---|---|
| Pemahaman Konsep | Siswa memahami konsep dasar keamanan data dan etika komunikasi di ruang digital. |
| Analisis | Siswa dapat mengidentifikasi risiko dan contoh pelanggaran etika digital. |
| Aplikasi | Siswa mampu menerapkan prinsip etika dan menjaga keamanan data saat menggunakan internet. |
D. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
- Bernalar kritis
- Bertanggung jawab
- Berkebinekaan global (dalam ruang digital)
E. Sarana dan Prasarana
- Perangkat proyektor dan laptop
- Koneksi internet
- Lembar kerja peserta didik (LKS)
- Platform daring (misal: Google Form, Padlet atau Quizizz)
F. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Salam dan doa pembuka.
- Apersepsi: Diskusi singkat dengan pertanyaan pemantik:
"Pernahkah kalian mendapat pesan yang tidak sopan di media sosial? Bagaimana perasaanmu?" - Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti (50 menit)
| Tahapan | Aktivitas |
|---|---|
| Eksplorasi (15 menit) | Guru menjelaskan pentingnya menjaga data pribadi dan mengenalkan jenis data pribadi (alamat, nomor HP, foto, akun media sosial). Dilanjutkan dengan tayangan video singkat “Etika & Keamanan Digital”. |
| Elaborasi (20 menit) | Siswa dibagi dalam 4 kelompok. Masing-masing kelompok menganalisis studi kasus (diberikan dalam LKS), lalu mendiskusikan: - Apa masalah yang terjadi? - Pelanggaran etika apa yang terjadi? - Bagaimana solusi terbaiknya? |
| Konfirmasi (15 menit) | Presentasi hasil diskusi. Guru memberikan penguatan konsep dan klarifikasi. Dilanjutkan dengan kuis cepat melalui Quizizz atau Google Form (10 soal pilihan ganda). |
Penutup (8 menit)
- Refleksi bersama: Apa hal baru yang kamu pelajari hari ini?
- Penugasan: Siswa membuat poster digital bertema “Jagalah Data Pribadimu” (dikirimkan via WhatsApp atau Google Classroom).
- Doa dan penutup.
G. Penilaian
1. Teknik Penilaian
| Aspek | Teknik | Instrumen |
|---|---|---|
| Pengetahuan | Tes formatif (kuis) | 10 soal pilihan ganda |
| Keterampilan | Proyek poster digital | Rubrik penilaian karya digital |
| Sikap | Observasi selama diskusi | Lembar observasi etika komunikasi |
2. Contoh Soal Kuis
-
Contoh data pribadi yang harus dijaga, kecuali...
- a. Nomor telepon
- b. Alamat rumah
- c. Nama hewan peliharaan
- d. Akun email
-
Jika menerima pesan tidak sopan di media sosial, sebaiknya...
- a. Dibalas dengan marah
- b. Disebarluaskan ke teman
- c. Diabaikan dan dilaporkan
- d. Disimpan untuk dibaca ulang
(Total 10 soal — disediakan pada LKS lengkap di bawah)
H. Lembar Kerja Peserta Didik (LKS)
Tugas Diskusi Kelompok
Studi Kasus 1: “Seorang siswa memposting foto temannya tanpa izin ke media sosial lalu menambahkan komentar yang tidak pantas.”
Diskusikan:
- Apa yang salah dari tindakan tersebut?
- Apa dampaknya bagi yang difoto?
- Bagaimana seharusnya kita bertindak?
(3 studi kasus serupa lainnya disediakan di versi cetak PDF)
I. Rubrik Penilaian Poster Digital
| Kriteria | Skor 4 | Skor 3 | Skor 2 | Skor 1 |
|---|---|---|---|---|
| Kreativitas | Sangat menarik dan inovatif | Cukup menarik | Kurang menarik | Tidak menarik |
| Ketepatan pesan | Sangat tepat dan sesuai | Cukup sesuai | Kurang sesuai | Tidak sesuai |
| Kerapian desain | Sangat rapi dan proporsional | Cukup rapi | Kurang rapi | Tidak rapi |
| Total Skor Maksimum | 12 poin |
J. Refleksi Guru
Guru melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan keterlibatan siswa. Catatan hasil refleksi dapat digunakan untuk perbaikan pertemuan selanjutnya.