Modul Ajar | English | 8P | Asking and Giving Permission | 2 JP | 09/10/2025
MODUL AJAR
Satuan Pendidikan: SMP Muhammadiyah 6 Krian
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas / Fase: VIII / Fase D
Topik: Asking and Giving Permission
Alokasi Waktu: 2 × 35 menit (1 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi ungkapan asking and giving permission dalam percakapan sederhana.
- Menggunakan ungkapan asking and giving permission dalam konteks sehari-hari dengan struktur kalimat yang benar.
- Membuat dan mempraktikkan dialog pendek menggunakan ungkapan asking and giving permission.
B. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
| Tahapan | Capaian Pembelajaran | Indikator |
|---|---|---|
| Pemahaman Konsep | Peserta didik memahami bentuk dan makna dari ungkapan meminta dan memberi izin | - Menyebutkan contoh ungkapan asking and giving permission dengan benar |
| Penerapan | Peserta didik menggunakan ungkapan tersebut dalam kalimat dan percakapan | - Menyusun kalimat dan dialog menggunakan ungkapan izin dengan konteks yang tepat |
| Komunikasi | Peserta didik mempraktikkan dialog dengan percaya diri | - Melakukan percakapan asking and giving permission dengan pengucapan dan intonasi yang baik |
C. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
- Mandiri dan bernalar kritis
- Kreatif dan komunikatif
D. Sarana dan Prasarana
- LCD / papan tulis
- Lembar kerja siswa (LKS)
- Kartu dialog atau potongan percakapan
- Speaker / alat bantu audio (opsional)
E. Model dan Metode Pembelajaran
- Model: Discovery Learning
- Metode: Diskusi, tanya jawab, simulasi percakapan, presentasi kelompok
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
- Guru memberi salam dan memeriksa kehadiran siswa.
- Guru menanyakan pertanyaan pemantik:
“What do you say if you want to borrow your friend’s book?”
- Guru menulis di papan: “May I borrow your book?”
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
2. Kegiatan Inti (50 menit)
A. Eksplorasi dan Pemahaman (15 menit)
Guru menjelaskan pengertian dan contoh:
-
Asking Permission:
- Can I ...?
- May I ...?
- Could I ...?
- Is it okay if I ...?
-
Giving Permission:
- Sure. / Of course. / Yes, you can.
- No problem. / Go ahead.
- Certainly. / Please do.
-
Refusing Permission:
- I’m sorry, but you can’t.
- I’d rather you didn’t.
- I’m afraid not.
Contoh percakapan:
A: May I go to the library, Miss?
B: Sure, you may.
A: Can I use your pencil?
B: I’m sorry, I need it right now.
B. Kolaborasi (20 menit)
-
Siswa dibagi menjadi kelompok berpasangan.
-
Setiap pasangan mendapatkan kartu situasi, misalnya:
- Borrowing a pencil
- Going to the toilet
- Using someone’s phone
- Leaving the class early
- Opening a window
-
Tugas mereka:
- Membuat dialog singkat (4–6 kalimat) berdasarkan situasi tersebut.
- Menulis di buku/LKS.
- Berlatih pengucapan dengan pasangan.
C. Presentasi dan Refleksi (15 menit)
- Beberapa pasangan menampilkan dialog di depan kelas.
- Guru memberi apresiasi dan koreksi ringan pada grammar dan pronunciation.
- Guru mengulas ulang fungsi sosial dari asking and giving permission.
3. Penutup (10 menit)
- Guru memberi umpan balik positif terhadap keaktifan siswa.
- Guru menanyakan refleksi singkat:
“What expression do you use to ask for permission politely?”
- Guru memberi tugas rumah ringan:
“Write a short conversation (6–8 lines) about asking and giving permission at home or school.”
- Doa dan salam penutup.
G. Penilaian
1. Pengetahuan
Bentuk: Pilihan ganda dan isian singkat
Contoh Soal:
A. Multiple Choice (Pilih jawaban yang benar)
-
You want to borrow your friend’s eraser. What will you say?
a. Can I borrow your eraser?
b. You must give me your eraser.
c. Give me your eraser!
d. You will lend me your eraser. -
Your friend says, “May I open the window?”
What is the correct response?
a. No, I can’t.
b. Sure, go ahead.
c. May you open it?
d. You mustn’t.
B. Fill in the blanks
- ______ I go to the toilet, please?
- Yes, you ______.
2. Keterampilan (Performance Task)
Penilaian:
Siswa berpasangan membuat dan mempraktikkan dialog di depan kelas.
Rubrik Penilaian:
| Aspek | Skor 4 | Skor 3 | Skor 2 | Skor 1 |
|---|---|---|---|---|
| Ketepatan Ungkapan | Menggunakan ungkapan izin dengan tepat dan bervariasi | Hampir semua tepat | Beberapa salah | Banyak kesalahan |
| Pengucapan & Intonasi | Jelas dan natural | Cukup jelas | Kurang jelas | Tidak dapat dipahami |
| Kreativitas Dialog | Dialog menarik dan kontekstual | Cukup menarik | Kurang kontekstual | Tidak relevan |
| Kerja Sama | Kompak dan percaya diri | Cukup kompak | Kurang percaya diri | Tidak bekerja sama |
3. Sikap
- Disiplin
- Kerjasama
- Tanggung jawab