0
Home  ›  beranda  ›  English 9  ›  LKS  ›  modul ajar  ›  SMP Meka

Modul Ajar | English 9 | Present Continuous Tense | SMP Meka | 13/11/2025




MODUL AJAR

Satuan Pendidikan: SMP Muhammadiyah 6 Krian

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

Kelas/Semester: IX / Ganjil

Topik: Asking and Telling about Actions in the Present Continuous Tense

Alokasi Waktu: 2 JP (70 menit)


I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:

  1. Mengidentifikasi penggunaan Present Continuous Tense dalam percakapan sehari-hari.
  2. Menyusun kalimat tanya dan jawaban yang menggunakan Present Continuous Tense.
  3. Melakukan percakapan sederhana tentang aktivitas yang sedang berlangsung dengan struktur yang tepat.
  4. Menunjukkan sikap percaya diri dan kerja sama dalam kegiatan berpasangan/kelompok.

II. ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

Tahap Tujuan Pembelajaran Capaian
1 Mengenali pola kalimat Present Continuous Tense Siswa mampu membedakan bentuk kalimat nominal dan verbal
2 Menanyakan dan menjawab pertanyaan tentang aktivitas yang sedang dilakukan Siswa mampu membuat kalimat tanya dan jawaban dengan benar
3 Melakukan percakapan sederhana menggunakan Present Continuous Tense Siswa mampu berkomunikasi dengan lancar dan percaya diri

III. SARANA DAN PRASARANA

  • Media Pembelajaran: Slide PowerPoint, kartu aktivitas, gambar kegiatan sehari-hari, papan tulis.
  • Alat dan Bahan: Laptop, LCD, speaker, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
  • Sumber Belajar:
    • Buku Bahasa Inggris “When English Rings a Bell” Kelas IX
    • Internet / video aktivitas sehari-hari
    • Materi guru

IV. MATERI PEMBELAJARAN

A. Konsep Dasar Present Continuous Tense

Rumus:

  • (+) S + am/is/are + V-ing
    I am reading a book.
  • (-) S + am/is/are + not + V-ing
    She is not watching TV.
  • (?) Am/Is/Are + S + V-ing?
    Are they playing football?

Fungsi:
Untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung saat ini.


B. Asking and Telling about Action

Contoh Kalimat Tanya (Asking):

  • What are you doing?
  • Is he studying now?
  • Are they playing football?
  • Who is cooking in the kitchen?

Contoh Kalimat Jawaban (Telling):

  • I am doing my homework.
  • He is studying English.
  • They are playing football.
  • My mother is cooking in the kitchen.

C. Vocabulary (Kosa Kata Umum)

Activity Meaning
studying belajar
reading membaca
cooking memasak
cleaning membersihkan
writing menulis
playing bermain
sleeping tidur
watching menonton

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  1. Guru memberi salam dan memotivasi siswa dengan pertanyaan ringan:
    “What are you doing right now?”
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  3. Guru menayangkan gambar/video singkat tentang aktivitas sehari-hari.
  4. Siswa menebak kegiatan yang dilakukan tokoh dalam gambar.

B. Kegiatan Inti (50 menit)

1. Eksplorasi (Understanding the Concept)

  • Guru menjelaskan pola Present Continuous Tense.
  • Siswa mencatat rumus dan contoh kalimat.
  • Guru memberi latihan identifikasi: siswa menandai kalimat yang menggunakan Present Continuous Tense.

2. Elaborasi (Practicing Asking and Telling)

  • Guru membagikan kartu bergambar aktivitas (misal: cooking, reading, playing).
  • Secara berpasangan, siswa melakukan dialog singkat:
    A: What are you doing?
    B: I am cooking noodles.
  • Siswa saling bergantian bertanya dan menjawab.

3. Konfirmasi (Communicative Practice)

  • Siswa membuat dialog 4 baris menggunakan Present Continuous Tense dalam kelompok kecil (3–4 orang).
  • Mereka memerankan di depan kelas.
  • Guru memberi umpan balik tentang pengucapan dan struktur.

C. Kegiatan Penutup (10 menit)

  1. Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran hari ini.
  2. Guru memberi pujian atas partisipasi siswa.
  3. Guru memberi tugas rumah:
    “Write 5 sentences about what your family members are doing right now.”
  4. Doa penutup dan salam.

VI. ASESMEN

Aspek Teknik Bentuk Instrumen Contoh
Pengetahuan Tes tertulis Pilihan ganda & isian “Choose the correct answer: She ___ reading a novel.”
Keterampilan Observasi / Unjuk kerja Rubrik dialog Kelancaran berbicara, struktur, pengucapan
Sikap Observasi Lembar penilaian sikap Disiplin, kerja sama, percaya diri

VII. RUBRIK PENILAIAN DIALOG

Kriteria Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1
Struktur Kalimat Sangat tepat Cukup tepat Ada sedikit kesalahan Banyak kesalahan
Pengucapan Jelas dan alami Cukup jelas Kurang jelas Tidak jelas
Kelancaran Lancar Kadang terhenti Sering terhenti Tidak lancar
Percaya Diri Sangat percaya diri Cukup Kurang Tidak percaya diri

VIII. REFLEKSI GURU

  • Apakah siswa antusias saat berbicara menggunakan Present Continuous?
  • Apakah kegiatan berpasangan efektif membantu siswa berani berbicara?
  • Apa yang perlu diperbaiki di pertemuan berikutnya?

🌟 Latihan Soal Essay

A. Change the sentences into Present Continuous Tense!

  1. She (cook) dinner in the kitchen.
  2. They (play) football in the yard.
  3. I (read) a novel now.
  4. My father (wash) the car.
  5. The students (write) an essay.

B. Make sentences based on the pictures or situations below!

(Guru dapat menampilkan gambar aktivitas, tapi jika tanpa gambar, siswa bisa menjawab sesuai instruksi)

  1. You see your friend studying in the library.
    ➡ Write a sentence describing what he/she is doing.

  2. Your mother is cooking in the kitchen right now.
    ➡ Write a sentence about it.

  3. You call your friend, and you hear some noise.
    ➡ Ask what he/she is doing now.

  4. Your teacher enters the class and asks, “What are you doing?”
    ➡ Write your answer.

  5. Describe what your family members are doing right now (at least 3 sentences).


💡 Kunci Jawaban (Contoh Jawaban)

  1. She is cooking dinner in the kitchen.
  2. They are playing football in the yard.
  3. I am reading a novel now.
  4. My father is washing the car.
  5. The students are writing an essay.
  6. He/She is studying in the library.
  7. My mother is cooking in the kitchen.
  8. “What are you doing now?”
  9. I am writing my notebook, Sir.
  10. My father is reading a newspaper.
     My mother is watering the plants.
     My brother is playing a game.
📌📌📌📌📌📌📌

By Aniwati
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS