0
Home  ›  7 ICO  ›  Beranda  ›  Modul Ajar

Modul Ajar | Writing | 7 ICO | M.1-10 | Semester Genap | 2024/2025


MODUL AJAR BAHASA INGGRIS – WRITING
KELAS 7 ICO – SEMESTER GENAP


A. INFORMASI UMUM

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
  • Fokus Materi: Writing (Menulis)
  • Kelas: 7 ICO
  • Semester: Genap
  • Guru Pengampu: Aniwati
  • Durasi Pembelajaran: 2 JP per pertemuan (70 menit)
  • Profil Pelajar Pancasila: Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN 

Siswa diharapkan dapat:

  1. Menulis teks dengan grammar yang benar dan sesuai dengan konteks komunikatif.
  2. Menggunakan vocabulary yang sesuai dengan tingkat kefasihan siswa dalam menulis.
  3. Mengembangkan ide secara logis dengan struktur tulisan yang koheren dan kohesif.
  4. Meningkatkan kepercayaan diri dalam mengekspresikan gagasan melalui tulisan.

C. MATERI DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


1. Self-Introduction (Pengenalan Diri) - Week 1 & 2

Tujuan: Siswa mampu memperkenalkan diri dalam bentuk tulisan secara singkat dan jelas.
Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Pendahuluan (10 menit)
    • Guru menunjukkan contoh self-introduction dalam bentuk tulisan.
    • Diskusi tentang informasi penting dalam perkenalan diri (nama, hobi, keluarga, cita-cita).
  2. Inti (50 menit)
    • Siswa menyusun kerangka tulisan tentang diri mereka.
    • Siswa menulis paragraf singkat perkenalan diri.
    • Guru memberikan umpan balik terkait grammar dan vocabulary.
  3. Penutup (10 menit)
    • Beberapa siswa membacakan tulisannya.
    • Guru memberikan tugas rumah: menulis self-introduction dalam bentuk surat pendek.

2. Describing Things & Places (Mendeskripsikan Benda dan Tempat) - Week 3 & 4

Tujuan: Siswa mampu menulis teks deskriptif tentang benda dan tempat favorit mereka.
Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Pendahuluan (10 menit)
    • Guru menunjukkan gambar dan meminta siswa mendeskripsikan secara lisan.
    • Guru memberikan contoh teks deskriptif.
  2. Inti (50 menit)
    • Siswa memilih satu benda atau tempat yang mereka sukai.
    • Siswa menulis deskripsi dengan menggunakan kata sifat (adjectives) yang tepat.
    • Guru memberikan umpan balik terkait tata bahasa dan kosakata.
  3. Penutup (10 menit)
    • Siswa bertukar tulisan dengan teman dan memberikan masukan.
    • Guru memberikan tugas rumah: menulis deskripsi tentang tempat wisata favorit.

3. Daily Routine (Rutinitas Harian) - Week 5 & 6

Tujuan: Siswa mampu menulis tentang kegiatan sehari-hari dengan menggunakan present tense.
Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Pendahuluan (10 menit)
    • Guru menampilkan contoh teks tentang rutinitas harian.
    • Guru bertanya kepada siswa: "What do you do every day?"
  2. Inti (50 menit)
    • Siswa menyusun daftar kegiatan harian mereka.
    • Siswa menulis teks tentang kegiatan sehari-hari dengan struktur yang jelas.
    • Guru memberikan latihan tambahan tentang penggunaan simple present tense.
  3. Penutup (10 menit)
    • Siswa membacakan hasil tulisan mereka.
    • Guru memberikan tugas rumah: menulis tentang rutinitas di akhir pekan.

4. Writing a Short Recount Text (Menulis Teks Recount Pendek) - Week 7 & 8

Tujuan: Siswa mampu menulis cerita pengalaman pribadi dengan past tense.
Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Pendahuluan (10 menit)
    • Guru menampilkan contoh recount text dan menjelaskan strukturnya.
  2. Inti (50 menit)
    • Siswa menulis cerita pendek tentang pengalaman menarik mereka.
    • Guru memberikan umpan balik terkait penggunaan past tense.
  3. Penutup (10 menit)
    • Siswa bertukar tulisan dan memberikan komentar.
    • Guru memberikan tugas rumah: menulis recount tentang liburan terakhir.

5. Writing a Simple Letter (Menulis Surat Sederhana) - Week 9 & 10

Tujuan: Siswa mampu menulis surat pribadi kepada teman atau keluarga.
Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Pendahuluan (10 menit)
    • Guru menunjukkan contoh surat sederhana dan menjelaskan bagian-bagiannya.
  2. Inti (50 menit)
    • Siswa menulis surat untuk teman atau keluarga.
    • Guru membimbing dalam penggunaan ekspresi yang tepat.
  3. Penutup (10 menit)
    • Siswa membacakan surat mereka.
    • Guru memberikan tugas rumah: menulis surat kepada teman di kelas.

D. PENILAIAN BERDASARKAN EPP

  1. Penilaian Formatif:
    • Partisipasi dalam diskusi dan aktivitas menulis.
    • Kuis singkat tentang grammar dan vocabulary.
  2. Penilaian Sumatif:
    • Proyek akhir: Menulis portfolio berisi kumpulan teks yang telah dibuat selama semester.
  3. Rubrik Penilaian:
    • Grammar & Vocabulary (25%) – Penggunaan tata bahasa dan kosakata yang tepat.
    • Content & Organization (25%) – Kejelasan isi dan kelengkapan struktur.
    • Cohesion & Coherence (25%) – Keterpaduan dan kesinambungan antar paragraf.
    • Creativity & Expression (25%) – Gaya bahasa dan keunikan tulisan.

E. SUMBER BELAJAR



By Aniwati

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS