0
Home  ›  7 ICO  ›  Beranda  ›  Modul Ajar  ›  Writing

Modul Ajar | Writing | Recount Text | 7 ICO | Monday | 24/2/2025


MODUL AJAR

Writing a Short Recount Text (Menulis Teks Recount Pendek tentang Pengalaman Pribadi dengan Past Tense)

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
  • Kelas/Semester: 7 / Genap
  • Durasi: 70 menit (2 JP)
  • Materi: Writing a Short Recount Text
  • Tujuan Pembelajaran:
    • Siswa mampu memahami struktur Recount Text.
    • Siswa dapat menulis Recount Text pendek tentang pengalaman pribadi dengan menggunakan Past Tense secara tepat.

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami dan mengidentifikasi Recount Text serta strukturnya (Orientation, Events, Reorientation).
  2. Menggunakan bentuk Past Tense secara konsisten dalam menulis teks recount.
  3. Menulis teks recount pendek (50-70 kata) tentang pengalaman pribadi.

B. Media dan Sumber Belajar

  • Media:

    • Lembar kerja siswa (worksheet)
    • PowerPoint / Papan tulis
    • Video pendek tentang Recount Text (opsional)
  • Sumber Belajar:

    • Buku teks bahasa Inggris kelas 7
    • Artikel sederhana tentang Recount Text
    • Contoh teks Recount

C. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan (10 Menit)

Kegiatan Guru

  • Menyapa siswa dan mengajukan pertanyaan pembuka:
    "Pernahkah kalian mengalami kejadian yang menarik atau menyenangkan? Bisa liburan, ulang tahun, atau kejadian lucu?"
  • Menjelaskan bahwa hari ini mereka akan menulis cerita tentang pengalaman pribadi menggunakan Past Tense.
  • Guru menampilkan contoh singkat Recount Text  ( My Unforgettable Birthday ) dan menjelaskan strukturnya:
    • Orientation: Pengenalan cerita (Siapa? Kapan? Di mana?).
    • Events: Rangkaian kejadian yang diceritakan secara kronologis.
    • Reorientation: Kesimpulan atau perasaan setelah kejadian tersebut.

Kegiatan Siswa

  • Mendengarkan penjelasan guru.
  • Membaca contoh Recount Text dan mengidentifikasi struktur teks.

2. Kegiatan Inti (50 Menit)

Langkah 1: Identifikasi Struktur Teks (10 Menit)

  • Guru membagikan teks recount pendek kepada siswa.
  • Siswa diminta untuk menemukan Orientation, Events, dan Reorientation.
  • Siswa menyoroti kata kerja dalam Past Tense (misalnya: went, saw, played).

Langkah 2: Brainstorming dan Kerangka Tulisan (10 Menit)

  • Siswa memilih pengalaman pribadi yang ingin ditulis.
  • Siswa membuat kerangka teks recount berdasarkan pertanyaan:
    • Orientation: Apa yang terjadi? Di mana? Kapan? Dengan siapa?
    • Events: Apa saja kejadian yang terjadi dari awal hingga akhir?
    • Reorientation: Bagaimana perasaanmu setelah kejadian itu?

Langkah 3: Menulis Draft Awal (15 Menit)

  • Siswa menulis teks recount pendek (50-70 kata) dengan mengikuti kerangka yang sudah dibuat.
  • Guru berkeliling untuk memberikan bimbingan dan koreksi jika diperlukan.

Langkah 4: Editing dan Revisi (10 Menit)

  • Siswa bertukar tulisan dengan teman untuk mendapatkan umpan balik.
  • Guru memberikan catatan pada beberapa tulisan siswa, terutama tentang Past Tense dan struktur teks.

Langkah 5: Final Writing (5 Menit)

  • Siswa menulis kembali teks recount setelah revisi.

3. Penutup (10 Menit)

Kegiatan Guru

  • Mengajak beberapa siswa untuk membacakan hasil tulisan mereka.
  • Mengajak diskusi singkat tentang kesulitan yang dihadapi saat menulis.
  • Memberikan tugas tambahan:
    "Tulis pengalaman menarik lainnya di rumah dan serahkan pada pertemuan berikutnya."

Kegiatan Siswa

  • Mendengarkan dan memberikan tanggapan terhadap tulisan teman.
  • Mencatat poin penting yang didiskusikan guru.

D. Latihan Soal

1. Pilihan Ganda – Past Tense (Grammar Focus)

Pilih kata kerja yang benar dalam bentuk past tense!

  1. Last Sunday, I ___ (go/went) to my grandmother’s house.
  2. We ___ (see/saw) a beautiful rainbow after the rain.
  3. My little brother ___ (play/played) soccer with his friends.
  4. The food ___ (is/was) very delicious.
  5. After that, we ___ (watch/watched) a movie together.

2. Susun Kalimat Acak Menjadi Teks Recount yang Benar!

  1. (a) We ate delicious seafood at the restaurant.
  2. (b) Last holiday, my family and I went to the beach.
  3. (c) It was a fantastic day!
  4. (d) We swam in the ocean and played on the sand.
    Urutan yang benar: ____ → ____ → ____ → ____

3. Tulis Teks Recount Pendek (50-70 kata)!

  • Ceritakan pengalaman menarik yang pernah kamu alami.
  • Gunakan Past Tense dan struktur recount text yang benar.

F. Refleksi

Guru:

  • Apakah siswa memahami struktur Recount Text?
  • Apakah siswa mampu menulis teks recount dengan baik?
  • Apa kendala utama yang dihadapi siswa?

Siswa:

  • Apa hal yang paling menarik dari pembelajaran ini?
  • Bagian mana yang masih sulit dipahami?
  • Bagaimana cara memperbaiki tulisan recount mereka?

By Aniwati

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS