0
Home  ›  Beranda  ›  kelas 9  ›  SMP Meka  ›  TIK

Materi Ajar | TIK | Kelas 9P | 2 JP | Meeting 1 | SMP Meka | 28/7/2025


📘 Materi Aktivitas Pembelajaran

Tema: Literasi Digital dan Etika Digital
Kelas: IX SMP
Durasi: 70 menit (2 x 35 menit)

---

🔰 Fase 1: Eksplorasi (15 Menit)

Tujuan: Mengaitkan pengalaman peserta didik dengan topik pembelajaran.

Aktivitas:

1. Guru menyapa dan mengajak siswa menyebutkan aktivitas mereka di dunia digital:

Bermain media sosial
Menonton YouTube
Mengakses game online
Mengambil gambar atau konten dari internet

2. Guru bertanya:

“Apakah kalian pernah melihat atau mengalami perundungan digital (cyberbullying)?”

“Apa yang kalian lakukan jika ada informasi hoaks di grup WhatsApp?”


3. Siswa menuliskan aktivitas digital yang paling sering mereka lakukan dan perasaannya saat mengalami interaksi online.

Alat/Bahan: Kertas kecil, papan tulis, LCD projector (opsional)

---

🔰 Fase 2: Elaborasi (35 Menit)

Tujuan: Siswa memahami konsep dan dapat menganalisis perilaku digital melalui studi kasus nyata.

🧠 Langkah-Langkah:

✅ a. Pemberian Materi Singkat oleh Guru (10 menit)

Pengertian literasi digital:

> Kemampuan menggunakan teknologi secara bijak, aman, dan bertanggung jawab.

Etika digital:

> Aturan atau norma dalam bersikap di dunia maya (santun, menghargai privasi, tidak menyebar hoaks, dll.)

Contoh perilaku etis dan tidak etis di internet.


✅ b. Diskusi Kelompok (15 menit)

Siswa dibagi menjadi 3-4 kelompok kecil, masing-masing menerima studi kasus:

Kasus 1: Menyalin tugas dari Google tanpa menyebutkan sumber

Kasus 2: Menyebarkan informasi hoaks tanpa cek kebenarannya

Kasus 3: Mengomentari foto teman dengan kata-kata tidak sopan


Tugas: Menganalisis kasus dan menjawab:

1. Apa perilaku yang tidak etis dalam kasus ini?
2. Apa dampak negatif dari perilaku tersebut?
3. Bagaimana seharusnya bersikap?


✅ c. Presentasi Hasil Diskusi (10 menit)

Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas.

Guru dan siswa lain memberikan tanggapan atau refleksi singkat.

Alat/Bahan: Kertas kerja studi kasus, alat tulis, papan tulis

---

🔰 Fase 3: Refleksi (10 Menit)

Tujuan: Siswa menyadari pentingnya bersikap positif di dunia digital.

Aktivitas:

Guru memberi pertanyaan reflektif:

> “Apa satu hal yang kamu pelajari hari ini yang akan kamu terapkan saat menggunakan internet?”

Siswa menuliskan refleksi pribadi pada kertas atau Google Form:

> “Mulai hari ini, saya akan lebih bijak dalam…”

Beberapa siswa dipersilakan membacakan refleksinya secara sukarela.

---

🔰 Fase 4: Penutup (10 Menit)

Tujuan: Menguatkan pemahaman dan melakukan evaluasi ringan.

Aktivitas:

1. Guru menyimpulkan materi:
Literasi digital = kemampuan
Etika digital = sikap

2. Kuis singkat (bisa ditulis di kertas/ditayangkan di LCD):
5 soal pilihan ganda seputar materi

3. Penguatan karakter: pentingnya berakhlak mulia di dunia nyata maupun maya

---

🧩 Catatan untuk Guru:

Ajak siswa membandingkan dunia nyata dan dunia digital dari segi etika.

Gunakan contoh nyata yang relevan dengan kehidupan remaja.

Dorong siswa saling menghargai saat diskusi dan presentasi.

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS