0
Home  ›  Beranda  ›  kelas 9  ›  SMP Meka  ›  TIK

Modul Ajar | TIK | Kelas 9P | 2 JP | Meeting 1 | SMP Meka | 28/7/2025



MODUL AJAR TIK KELAS 9

Semester 1 - Pertemuan ke-1

Topik: Mengenal Konsep dan Etika Digital (Digital Literacy & Digital Ethics)

Durasi: 2 x 35 menit (70 menit)


Identitas Modul

  • Satuan Pendidikan: SMP Muhammadiyah 6 Krian
  • Mata Pelajaran: Informatika (TIK)
  • Kelas: 9
  • Semester: 1
  • Nama Guru: Aniwati, S.Pd
  • Tahun Ajaran: 2025/2026
  • Alokasi Waktu: 2 x 35 menit

🎯 Tujuan Pembelajaran

Di akhir pembelajaran, peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan pengertian literasi digital dan etika digital.
  2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku positif dan negatif di dunia digital.
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menggunakan perangkat dan media digital.

🧠 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Tahap Tujuan Pembelajaran
1 Siswa memahami pengertian literasi digital dan etika digital.
2 Siswa dapat menganalisis contoh perilaku etis dan tidak etis di dunia digital.
3 Siswa mampu mendemonstrasikan perilaku positif dalam aktivitas digital sehari-hari.

📚 Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu memahami konsep dasar literasi digital, menerapkan etika digital dalam kehidupan sehari-hari, serta menyadari pentingnya penggunaan media digital secara bijak, aman, dan bertanggung jawab.


🧩 Pemetaan Dimensi Profil Pelajar Pancasila

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
  • Bernalar kritis
  • Bergotong royong
  • Mandiri

📝 Materi Pembelajaran

  1. Pengertian Literasi Digital

    • Definisi dan ruang lingkup
    • Tujuan literasi digital di era modern
  2. Pengertian Etika Digital

    • Norma-norma dalam penggunaan teknologi
    • Perilaku yang mencerminkan etika digital
  3. Contoh Perilaku Digital

    • Positif: Menghargai hak cipta, bijak bermedsos, menggunakan kata yang santun
    • Negatif: Plagiarisme, cyberbullying, hoaks

🎯 Aktivitas Pembelajaran (Deep Learning)

Fase Aktivitas Pembelajaran
1. Eksplorasi (15 menit) Ice breaking: Tanya jawab seputar aktivitas digital sehari-hari.
Siswa menyebutkan kebiasaan online yang mereka lakukan.
2. Elaborasi (35 menit) Guru menjelaskan materi konsep literasi digital dan etika digital.
Siswa dibagi kelompok kecil, menganalisis studi kasus tentang perilaku digital (disediakan 3 kasus nyata).
Diskusi kelompok dan presentasi hasil analisis.
3. Refleksi (10 menit) Siswa menuliskan satu sikap digital yang akan mereka ubah untuk menjadi lebih bijak.
4. Penutup (10 menit) Guru menyimpulkan materi dan memberikan kuis singkat (digital/tertulis) terkait topik hari ini.

🎒 Asesmen

🔹 Asesmen Formatif

  • Tanya jawab selama pembelajaran
  • Kuis singkat di akhir sesi (5 soal pilihan ganda)

🔹 Asesmen Sumatif

  • Laporan hasil diskusi kelompok (tertulis)
  • Refleksi pribadi siswa dalam bentuk jurnal (boleh ditulis tangan)

📦 Media dan Sumber Belajar

  • Media:
    • PPT materi literasi & etika digital
    • Video edukatif singkat (contoh etika bermedsos)
  • Sumber belajar:
    • Modul Informatika SMP Kemendikbud
    • Internet Sehat (ICT Watch)
    • Buku “Etika Digital” oleh Kominfo

🧮 Instrumen Penilaian

Indikator Teknik Penilaian Bentuk Instrumen
Menjelaskan pengertian literasi dan etika digital Observasi Tanya jawab
Menganalisis kasus digital Tes Tertulis Laporan diskusi dan kuis
Menunjukkan sikap positif dalam etika digital Unjuk kerja Refleksi tertulis pribadi

🎯 Rubrik Penilaian Diskusi Kasus

Kriteria Skor 4 (Baik) Skor 3 (Cukup) Skor 2 (Kurang) Skor 1 (Sangat Kurang)
Pemahaman konsep Tepat dan lengkap Tepat tapi kurang detail Kurang tepat Tidak memahami
Argumentasi etika digital Kuat dan logis Cukup logis Lemah dan kurang logis Tidak sesuai
Kerja sama kelompok Aktif dan kolaboratif Cukup bekerja sama Pasif sebagian anggota Tidak ada kerja sama
Penyampaian presentasi Jelas, terstruktur Cukup jelas Kurang terstruktur Tidak jelas sama sekali


Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS