0
Home  ›  Beranda  ›  English  ›  SMP Meka  ›  tapel 25-26

Modul Ajar | Bahasa Inggris | Kelas 9P | Meeting 1 | 3 JP | SMP Meka | 23/7/2025


Modul Pembelajaran Kurikulum Merdeka - Deep Learning

Mapel: Bahasa Inggris
Kelas: IX
Pertemuan: 1
Durasi: 3 x 35 menit (105 menit)
Guru: Aniwati, S.Pd
Sekolah: SMP Muhammadiyah 6 Krian
Topik: "Descriptive Text - Describing Historical Places"


🧭 I. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks deskriptif tentang tempat bersejarah.
  2. Menganalisis isi teks deskriptif berdasarkan konteks.
  3. Menyusun teks deskriptif sederhana tentang tempat bersejarah dengan struktur dan kosakata yang tepat.
  4. Menunjukkan rasa percaya diri dan sikap tanggung jawab dalam kerja kelompok saat membuat deskripsi.

📚 II. Alur Kegiatan Pembelajaran

A. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

  • Menyapa dan mengondisikan kelas.
  • Ice breaking: "Tebak Tempat Bersejarah" (gambar ditampilkan, siswa menebak nama tempat).
  • Apersepsi: Diskusi ringan tentang tempat bersejarah favorit dan peran deskripsi dalam memperkenalkannya.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari descriptive text.

B. Kegiatan Inti (75 menit)

1. Eksplorasi (20 menit)

  • Guru membagikan teks deskriptif berjudul "Borobudur Temple".
  • Siswa membaca teks dan mencatat kosakata baru.
  • Diskusi bersama tentang struktur teks (identification dan description) dan ciri kebahasaan (adjective, simple present tense, preposition of place).

2. Elaborasi (35 menit)

  • Siswa bekerja dalam kelompok kecil.
  • Menganalisis teks baru ("Prambanan Temple") dan mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS).
  • Menjawab soal pemahaman isi teks dan menemukan unsur kebahasaan.

3. Konfirmasi (20 menit)

  • Presentasi hasil diskusi kelompok.
  • Guru memberikan penguatan dan klarifikasi konsep.
  • Tanya jawab dan refleksi singkat.

C. Kegiatan Penutup (15 menit)

  • Siswa secara individu menulis deskripsi pendek tentang tempat bersejarah yang mereka ketahui.
  • Refleksi: Apa hal baru yang dipelajari hari ini?
  • Guru memberikan motivasi bahwa mengenalkan warisan budaya bisa dimulai dari kemampuan mendeskripsikan dalam bahasa Inggris.

📄 III. Materi Pembelajaran

Teks Contoh: Borobudur Temple

Borobudur Temple
Borobudur Temple is a famous Buddhist temple located in Magelang, Central Java, Indonesia.
It is the world’s largest Buddhist temple.
The temple has nine stacked platforms, six square and three circular, topped by a central dome.
The walls and balustrades are decorated with fine low reliefs.
There are 504 Buddha statues in the complex.
Borobudur is a popular tourist attraction and also a UNESCO World Heritage Site.


📊 IV. Penilaian

A. Sikap (Observasi selama kerja kelompok)

  • Kerja sama
  • Tanggung jawab
  • Antusias belajar

B. Pengetahuan

  • Format Soal: Pilihan ganda dan isian singkat
  • Indikator:
    • Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks.
    • Siswa mampu menjawab pertanyaan isi teks.

C. Keterampilan

  • Tugas: Menulis teks deskripsi tentang tempat bersejarah lokal (misal: Candi Penataran, Trowulan, dsb.)
  • Kriteria Penilaian Tulisan:
    • Struktur teks (identification & description)
    • Ketepatan kosakata dan grammar
    • Keterbacaan dan kerapian


Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS