Modul Ajar | Bahasa Inggris | Kelas 9P | Meeting 1 | 3 JP | SMP Meka | 23/7/2025
Mapel: Bahasa Inggris
Kelas: IX
Pertemuan: 1
Durasi: 3 x 35 menit (105 menit)
Guru: Aniwati, S.Pd
Sekolah: SMP Muhammadiyah 6 Krian
Topik: "Descriptive Text - Describing Historical Places"
🧠I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks deskriptif tentang tempat bersejarah.
- Menganalisis isi teks deskriptif berdasarkan konteks.
- Menyusun teks deskriptif sederhana tentang tempat bersejarah dengan struktur dan kosakata yang tepat.
- Menunjukkan rasa percaya diri dan sikap tanggung jawab dalam kerja kelompok saat membuat deskripsi.
📚 II. Alur Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Menyapa dan mengondisikan kelas.
- Ice breaking: "Tebak Tempat Bersejarah" (gambar ditampilkan, siswa menebak nama tempat).
- Apersepsi: Diskusi ringan tentang tempat bersejarah favorit dan peran deskripsi dalam memperkenalkannya.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari descriptive text.
B. Kegiatan Inti (75 menit)
1. Eksplorasi (20 menit)
- Guru membagikan teks deskriptif berjudul "Borobudur Temple".
- Siswa membaca teks dan mencatat kosakata baru.
- Diskusi bersama tentang struktur teks (identification dan description) dan ciri kebahasaan (adjective, simple present tense, preposition of place).
2. Elaborasi (35 menit)
- Siswa bekerja dalam kelompok kecil.
- Menganalisis teks baru ("Prambanan Temple") dan mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS).
- Menjawab soal pemahaman isi teks dan menemukan unsur kebahasaan.
3. Konfirmasi (20 menit)
- Presentasi hasil diskusi kelompok.
- Guru memberikan penguatan dan klarifikasi konsep.
- Tanya jawab dan refleksi singkat.
C. Kegiatan Penutup (15 menit)
- Siswa secara individu menulis deskripsi pendek tentang tempat bersejarah yang mereka ketahui.
- Refleksi: Apa hal baru yang dipelajari hari ini?
- Guru memberikan motivasi bahwa mengenalkan warisan budaya bisa dimulai dari kemampuan mendeskripsikan dalam bahasa Inggris.
📄 III. Materi Pembelajaran
Teks Contoh: Borobudur Temple
Borobudur Temple
Borobudur Temple is a famous Buddhist temple located in Magelang, Central Java, Indonesia.
It is the world’s largest Buddhist temple.
The temple has nine stacked platforms, six square and three circular, topped by a central dome.
The walls and balustrades are decorated with fine low reliefs.
There are 504 Buddha statues in the complex.
Borobudur is a popular tourist attraction and also a UNESCO World Heritage Site.
📊 IV. Penilaian
A. Sikap (Observasi selama kerja kelompok)
- Kerja sama
- Tanggung jawab
- Antusias belajar
B. Pengetahuan
- Format Soal: Pilihan ganda dan isian singkat
- Indikator:
- Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks.
- Siswa mampu menjawab pertanyaan isi teks.
C. Keterampilan
- Tugas: Menulis teks deskripsi tentang tempat bersejarah lokal (misal: Candi Penataran, Trowulan, dsb.)
- Kriteria Penilaian Tulisan:
- Struktur teks (identification & description)
- Ketepatan kosakata dan grammar
- Keterbacaan dan kerapian