Modul Ajar | Bahasa Inggris | Kelas 7 | Meeting 1 | 2 - 4 JP | SMP Meka | 23/7/2025
📘 MODUL PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Fase: VII / D
Durasi: 2 JP (2 x 35 menit = 70 menit)
Topik: Introducing Myself and Others
Model Pembelajaran: Deep Learning
Nama Guru: Aniwati, S.Pd
Sekolah: SMP Muhammadiyah 6 Krian
A. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (10 Menit)
Tujuan Pendahuluan:
Membangun keterlibatan siswa dan mempersiapkan mereka untuk memahami materi pembelajaran.
Langkah-langkah:
-
Salam dan Menyapa Siswa (2 menit):
- Guru memulai dengan menyapa siswa dan menciptakan suasana yang ramah dan hangat.
- “Good morning, everyone! How are you today?”
- Mendorong siswa untuk menjawab dengan antusias.
-
Ice Breaking (3 menit):
- Guru meminta siswa untuk berbicara secara singkat tentang diri mereka.
- “Tell me your name and one thing you like!”
- Siswa bisa menjawab dengan kalimat sederhana, seperti “My name is Rani, and I like drawing.”
- Guru meminta siswa untuk berbicara secara singkat tentang diri mereka.
-
Menayangkan Video Pendek (3 menit):
- Guru menayangkan video pendek yang memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (contoh: "Hi, my name is...” atau “Let’s introduce ourselves”).
- Setelah video selesai, guru bertanya, “Who can tell me the words they heard in the video?”
-
Mengaitkan dengan Kehidupan Sehari-hari (2 menit):
- Guru menjelaskan bahwa kita sering memperkenalkan diri kepada orang baru, dan penting untuk bisa melakukannya dalam bahasa Inggris.
- “We often meet new people, and knowing how to introduce yourself is important!”
-
Penyampaian Tujuan Pembelajaran (1 menit):
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan hari ini.
- “Today, we will learn how to introduce ourselves and others in English. You will be able to say your name, where you live, and talk about your hobbies!”
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan hari ini.
2. Inti (50 Menit)
Tujuan Inti:
Membimbing siswa untuk memahami dan menguasai materi perkenalan diri dengan melakukan eksplorasi, elaborasi, dan demonstrasi.
Langkah-langkah:
-
Eksplorasi (15 menit):
-
Materi Kosakata: Guru memperkenalkan kosakata yang akan digunakan dalam perkenalan diri, seperti “name”, “age”, “hobby”, “from”, “live in”.
- Guru menulis kata-kata tersebut di papan tulis.
- “Let’s learn some words: Name, Age, Hobby, From, Live in.”
-
Membaca Dialog: Guru membagikan handout teks dialog perkenalan. Siswa membaca dan memeriksa kosakata yang sudah diajarkan.
- Contoh dialog:
- A: “Hi, my name is Rani. I’m 12 years old. I live in Sidoarjo. My hobby is drawing.”
- B: “Hello, Rani! My name is Budi. I’m 13 years old. I live in Surabaya. My hobby is playing football.”
- Siswa diminta untuk berlatih membaca dialog secara bergantian.
- Contoh dialog:
-
-
Elaborasi (20 menit):
-
Dialog Berpasangan:
- Siswa dibagi menjadi pasangan dan diberi waktu untuk membuat dialog perkenalan diri sendiri dengan menggunakan kosakata yang sudah dipelajari.
- “Now, work with your partner. Create a short conversation introducing yourself and your friend. Use the words ‘name’, ‘age’, ‘hobby’, and ‘from’.”
- Guru memberikan bimbingan dan memperbaiki kesalahan yang muncul.
-
Latihan Lisan:
- Setiap pasangan berlatih di tempat, kemudian beberapa pasangan tampil di depan kelas.
- “Who wants to practice in front of the class?”
- Guru memberikan umpan balik tentang pengucapan dan struktur kalimat.
-
-
Demonstrasi & Refleksi (15 menit):
-
Presentasi Dialog:
- Beberapa pasangan tampil di depan kelas dan melakukan dialog perkenalan diri.
- “Please present your conversation to the class!”
-
Umpan Balik:
- Guru memberikan umpan balik lisan mengenai pengucapan, intonasi, dan struktur kalimat yang digunakan siswa.
- Guru mendorong siswa untuk memperbaiki kesalahan secara positif dan mendukung teman-temannya yang tampil.
- Guru menanyakan kepada kelas: “What did you learn from today’s practice?”
-
3. Penutup (10 Menit)
Tujuan Penutupan:
Merefleksikan pembelajaran dan memberikan kesimpulan serta tugas rumah.
Langkah-langkah:
-
Refleksi Pembelajaran (5 menit):
- Guru meminta siswa untuk berpikir dan menulis hal yang mereka pelajari hari ini.
- “Please write down three things you learned today.”
- Guru mengumpulkan beberapa refleksi dari siswa secara acak.
- Contoh respon siswa: “I learned how to say my name in English.”
- Guru meminta siswa untuk berpikir dan menulis hal yang mereka pelajari hari ini.
-
Tugas Rumah (3 menit):
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
- “For homework, please write a short introduction about yourself and a friend. Use the words we learned today like ‘name’, ‘age’, ‘hobby’, and ‘from’.”
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
-
Kesimpulan dan Penutupan (2 menit):
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- “Today, you have learned how to introduce yourself and your friend in English. Remember to practice speaking and don’t be afraid to make mistakes!”
- Guru mengingatkan siswa untuk belajar lebih banyak dan bersiap untuk pertemuan berikutnya.
- “Next time, we will practice more about telling where we live and what we like to do. See you next week!”
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
C. PENUTUP
Dengan pendekatan Deep Learning, siswa tidak hanya belajar kosakata dan kalimat perkenalan, tetapi juga diberikan kesempatan untuk bereksplorasi, berlatih dialog, dan berdemonstrasi di depan kelas, serta melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Ini membantu siswa untuk benar-benar menginternalisasi materi dan merasa percaya diri saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
📊 RUBRIK PENILAIAN
1. Penilaian Unjuk Kerja (Dialog Lisan Berpasangan)
| Aspek yang Dinilai | Skor 4 (Sangat Baik) | Skor 3 (Baik) | Skor 2 (Cukup) | Skor 1 (Perlu Bimbingan) |
|---|---|---|---|---|
| Kelancaran berbicara | Dialog berjalan lancar tanpa terhenti. | Dialog cukup lancar, sedikit jeda. | Sering terhenti, terbata-bata. | Dialog sulit dipahami, banyak terhenti. |
| Pengucapan (Pronunciation) | Semua kata diucapkan dengan benar dan jelas. | Sebagian besar kata diucapkan dengan tepat. | Banyak kata diucapkan kurang tepat. | Pengucapan membingungkan dan sulit dimengerti. |
| Ekspresi & intonasi | Ekspresi dan intonasi tepat, menyenangkan didengar. | Ekspresi dan intonasi cukup tepat. | Ekspresi kaku, intonasi datar. | Tidak ada ekspresi, intonasi datar dan monoton. |
| Kesesuaian struktur kalimat | Kalimat tersusun dengan benar dan sesuai tata bahasa. | Sebagian besar kalimat benar. | Ada beberapa kesalahan struktur kalimat. | Banyak kesalahan dalam menyusun kalimat. |
| Kerja sama pasangan | Kompak, saling mendukung saat dialog. | Cukup kompak dan saling membantu. | Kurang kompak, terlihat tidak siap. | Tidak bekerja sama, salah satu mendominasi. |
✅ Total Skor Maksimum: 20
Nilai akhir bisa dikonversi ke skala 100:
Nilai Akhir = (Skor total / 20) × 100
2. Penilaian Tertulis (Teks Perkenalan Diri dan Teman)
| Aspek yang Dinilai | Skor 4 (Sangat Baik) | Skor 3 (Baik) | Skor 2 (Cukup) | Skor 1 (Perlu Bimbingan) |
|---|---|---|---|---|
| Struktur kalimat | Semua kalimat tersusun rapi dan sesuai grammar. | Sebagian besar kalimat tersusun benar. | Ada beberapa kalimat tidak tepat secara grammar. | Banyak kalimat salah susun atau tidak sesuai grammar. |
| Kosakata | Variatif dan tepat, sesuai konteks perkenalan. | Cukup variatif dan tepat. | Terbatas tapi masih relevan. | Sangat terbatas dan banyak tidak tepat. |
| Kelengkapan isi | Menyebutkan semua unsur (nama, usia, asal, hobi, teman). | Menyebutkan sebagian besar unsur. | Hanya menyebutkan 2–3 unsur. | Kurang dari 2 unsur disebutkan. |
| Kerapian & penulisan | Tulisan rapi, mudah dibaca, tanda baca tepat. | Cukup rapi, sedikit kesalahan tanda baca. | Agak sulit dibaca, tulisan tidak konsisten. | Tulisan sangat tidak rapi dan sulit dibaca. |
✅ Total Skor Maksimum: 16
Nilai akhir bisa dikonversi ke skala 100:
Nilai Akhir = (Skor total / 16) × 100
3. Catatan Penilaian Format
- Penilaian dilakukan selama kegiatan berlangsung (observasi dialog) dan setelah kegiatan (koreksi tugas tertulis).
- Guru dapat menggunakan checklist atau skor lembar saat observasi berlangsung.
- Kriteria minimal ketercapaian disesuaikan dengan KKM sekolah (misal: nilai ≥ 75
| 💫alfannacy23725💫 |
|---|