0
Home  ›  Beranda  ›  English 8  ›  Modul Ajar

Modul Ajar | BIG 8 | Invitation | 3 JP | 23/10/2023



📘 MODUL AJAR BAHASA INGGRIS KELAS 8

Topik: Invitation (Undangan)

Alokasi waktu: 3 × 35 menit (105 menit)

Semester: Ganjil


A. Identitas Modul

  • Satuan Pendidikan: SMP Muhammadiyah 6 Krian
  • Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
  • Kelas/Semester: VIII / Ganjil
  • Materi Pokok: Invitation (Undangan)
  • Alokasi Waktu: 3 x 35 menit

B. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami, menafsirkan, dan menggunakan teks undangan (formal dan informal) dalam konteks kehidupan sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan, dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan yang tepat.


C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:

  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi teks undangan.
  2. Mengidentifikasi struktur teks undangan.
  3. Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks undangan.
  4. Menyusun teks undangan sederhana (formal maupun informal).
  5. Mempraktikkan cara membuat dan memberikan undangan secara lisan dan tulisan.

D. Materi Pembelajaran

1. Pengertian Invitation

Invitation adalah ajakan atau undangan kepada seseorang untuk menghadiri acara atau kegiatan tertentu.

2. Jenis Invitation

  • Formal Invitation → digunakan untuk acara resmi (seminar, meeting, wedding).
  • Informal Invitation → digunakan untuk acara pribadi (birthday party, picnic, hangout).

3. Structure of Invitation Card

  1. Title (Judul undangan)
  2. Receiver (Kepada siapa)
  3. Body (Isi undangan)
    • Purpose of the event
    • Date and time
    • Place
  4. Sender (Pengirim)

4. Language Features

  • Use of simple present tense
  • Use of polite expressions:
    • “Would you like to…?”
    • “I would like to invite you…”
    • “Please come to…”
    • “It would be great if you could join us.”
  • Vocabulary about events: party, celebration, meeting, gathering, ceremony, concert, picnic, etc.

5. Example

Formal Invitation:

INVITATION LETTER
Dear Mr. Ahmad,
You are cordially invited to attend the Graduation Ceremony of SMP Muhammadiyah 6 Krian.
Date: Saturday, 25 November 2025
Time: 08.00 AM
Place: School Hall
We look forward to your presence.
Sincerely,
The Principal

Informal Invitation:

Birthday Party Invitation
Hi Rani!
I’m having a birthday party this Saturday at my house.
It starts at 4 p.m.
Don’t forget to bring your smile and appetite!
Hope you can come!
Love,
Sinta 💖


E. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (35 menit)

Tujuan: Siswa mengenal pengertian dan jenis invitation.

Kegiatan:

  1. Pendahuluan (10 menit)

    • Guru menyapa siswa dan memberikan motivasi.
    • Apersepsi: Menanyakan apakah siswa pernah menerima undangan.
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  2. Kegiatan Inti (20 menit)

    • Guru menjelaskan pengertian dan jenis invitation.
    • Siswa mengamati contoh teks formal dan informal invitation.
    • Diskusi perbedaan antara keduanya.
  3. Penutup (5 menit)

    • Refleksi pembelajaran hari ini.
    • Guru memberi tugas membaca kembali contoh undangan di rumah.

Pertemuan 2 (35 menit)

Tujuan: Siswa dapat mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan teks invitation.

Kegiatan:

  1. Pendahuluan (10 menit)

    • Review materi sebelumnya dengan tanya jawab.
  2. Kegiatan Inti (20 menit)

    • Siswa diberi beberapa contoh teks undangan.
    • Secara berkelompok, siswa menandai bagian struktur teks (title, date, place, dsb).
    • Diskusi unsur kebahasaan (kata kerja, ekspresi, tenses).
  3. Penutup (5 menit)

    • Refleksi hasil kerja kelompok.
    • Guru memberi kuis singkat.

Pertemuan 3 (35 menit)

Tujuan: Siswa dapat membuat teks invitation sendiri.

Kegiatan:

  1. Pendahuluan (5 menit)

    • Guru memberi pengantar dan contoh pembuatan undangan.
  2. Kegiatan Inti (25 menit)

    • Siswa membuat teks undangan mereka sendiri (boleh formal atau informal).
    • Beberapa siswa membacakan hasilnya di depan kelas.
  3. Penutup (5 menit)

    • Guru memberi umpan balik dan penilaian.
    • Siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.

F. Penilaian

1. Pengetahuan

Instrumen:

  • Soal pilihan ganda dan uraian (lihat bagian latihan di bawah).

2. Keterampilan

  • Menulis teks undangan sesuai struktur dan unsur kebahasaan.
  • Membacakan undangan dengan pengucapan dan ekspresi yang baik.

3. Sikap

  • Keaktifan, kerja sama, dan kedisiplinan dalam kelompok.

G. Latihan Soal

A. Pilihan Ganda

Pilih jawaban yang benar!

  1. What is the purpose of an invitation?
    a. To describe a place
    b. To invite someone to an event
    c. To tell a story
    d. To announce news

  2. Which one is an informal invitation?
    a. Invitation to a wedding
    b. Invitation to a meeting
    c. Invitation to a birthday party
    d. Invitation from the principal

  3. Which sentence is suitable for an invitation?
    a. I want you to do my homework.
    b. Would you like to come to my party?
    c. You must come to school tomorrow.
    d. I am going to the market.

  4. The word “cordially” in a formal invitation means...
    a. happily
    b. politely
    c. carelessly
    d. quickly

  5. Which information is NOT usually found in an invitation card?
    a. Date and time
    b. Place
    c. Receiver
    d. Weather


B. Isian Singkat

  1. Write one expression to invite someone politely.
  2. Mention two types of invitation!
  3. What tense is usually used in writing invitations?
  4. What is the function of an invitation text?
  5. Write one example of an event that needs a formal invitation.

C. Writing Task

Make your own invitation card!
Choose one:

  • Birthday Party
  • Graduation Ceremony
  • School Event

Include:

  • Title
  • Receiver
  • Event, Date, Time, Place
  • Sender

H. Rubrik Penilaian Writing Task

Aspek Kriteria Skor
Content Isi sesuai tema dan lengkap 1–5
Structure Menggunakan struktur teks dengan benar 1–5
Language Use Menggunakan tata bahasa dan kosakata dengan tepat 1–5
Neatness Penulisan rapi dan menarik 1–5

Total Skor Maksimal: 20


By Aniwati

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS